Weekly post

  • Posted by : cumimii.blogspot.com Minggu, 22 November 2015

    Buat Mahasiswa, Inilah 5 Skill yang Berguna Untuk Mencari Penghasilan Tambahan dan Menjuarai Dunia Kerja

     

    Sebagai mahasiswa, kita memiliki banyak sekali kesempatan dan peluang untuk mengasah diri dan meraih impian. Coba bayangkan betapa strategisnya posisi mahasiswa itu: lingkungan kampus yang memiliki beragam fasilitas pendidikan, lingkaran pergaulan yang berisi pelajar-pelajar dinamis, berbagai wadah minat dan bakat, sampai beragam lowongan kerja-paruh-waktu dan magang, semuanya mendukung pengembangan dirimu secara maksimal. Dunia kuliah terlalu sayang untuk sekedar diisi dengan pagi ke kampus, siang kuliah, sore pulang, malam cuci kaki dan tidur dengan nyenyak. Iya kan?
    Selagi muda, cobalah banyak hal dan habiskan jatah berbuat kesalahan. Jangan ragu untuk belajar dan bekerja untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman. Syukur-syukur bisa punya penghasilan tambahan dan meringankan beban orang tua, sambil tentu saja tetap menjalani kuliah dengan bertanggung jawab.
    Nah, mungkin kesulitan untuk mahasiswa, terutama mahasiswa baru, adalah menentukan ke arah mana dia harus mengembangkan diri. Katakanlah, kamu sudah mengamini bahwa sebagai mahasiswa tidak seharusnya hanya sekedar menjadi mahasiswa “Kupu-kupu” alias Kuliah-Pulang Kuliah Pulang. Kamu sadar kamu ingin mengembangkan minat dan bakatmu, mencari pengetahuan dan pengalaman, mendapat penghasilan tambahan barangkali, sampai kelak saat lulus kamu punya bekal CV dan pengalaman yang cukup untuk berlaga di dunia profesional. Karena tentu, angka IPK di ijazah tidak menjamin kesuksesan karir seratus persen.
    Jadi, apa yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa yang masih beraroma seragam putih abu-abu? Simaklah beberapa kemampuan unik dan nyeleneh berikut ini yang bisa kamu asah, kamu gunakan, dan kamu manfaatkan untuk memenangkan dirimu di arena kerja!

    Kemampuan Menulis

    Bisa nulis? (lightningbase-cdn.com)
    Bisa menulis adalah kewajiban buat siapa saja yang ingin jadi profesional muda. Tidak ada hubungannya apakah kamu bukan mahasiswa jurusan ilmu bahasa atau tidak berminat pada jurnalistik. Lha memang kalau kamu mau jadi engineer, lantas tidak perlu jago menulis? Lantas kalau kamu disuruh membuat laporan kinerja mesin produksi di suatu industri, itu laporannya mau ditulisin apa? Atau misalnya kamu anak Pertanian, ya entar laporan panen tetap harus ditulis dong!
    Siapapun bisa belajar menulis, termasuk kamu yang mungkin tidak terbiasa. Jika dilatih pasti bisa!Minimal, kamu menguasai cara-cara penulisan dasar seperti menulis surat, menulis email, menulis esai, sampai menulis tulisan ilmiah. Cukup itu saja, jika kamu tidak mau menjadi penulis yang terlalu serius.
    Lebih bagus lagi jika kamu mau mengasah tulisanmu lebih dalam lagi. Ikutilah kelas pelatihan menulis yang pasti banyak tersedia di kampus. Menulis dengan baik dan benar, bahkan menarik dan disukai pembaca, adalah kemampuan yang sangat unik dan tidak semua orang bisa. Jika kamu bisa melampaui dari sekedar menulis tulisan dasar, tapi bisa membuat tulisan opini dan esai yang kritis, atau cerpen dan novel sastra yang epik, itu lebih keren lagi!
    Ada banyak sekali media massa yang menyediakan kolom untuk mahasiswa atau pelajar. Ada pula rubrik cerpen dan puisi yang bisa kamu kirimkan karya-karyamu. Honor yang disediakan pun cukup menggiurkan, dari mulai 100 ribu untuk sebuah kolom opini mahasiswa kecil 2400 karakter, hingga 1.200.000 rupiah untuk sebuah cerpen di koran minggu. Tertarik? Belum lagi tiap bulannya di Indonesia selalu ada lomba esai, cerpen, atau karya ilmiah yang berhadiah jutaan rupiah. Tertarik? Siapa tahu saat kamu lulus nanti, kamu akan menjadi penulis buku terkenal!

    Kemampuan Fotografi

    Bisa motret? (scoopempire.com)
    Jangan salah, kemampuan yang mungkin berawal dari hobi ini bisa membuatmu terancam punya penghasilan sebesar manajer, meski kamu belum lulus kuliah. Fotografi adalah kemampuan unik karena tidak semua orang mau dan mampu menekuninya. Mungkin karena selama ini fotografi “hanya” dipandang sebagai hobi senang-senang sampingan, lantas tidak banyak yang benar-benar punya kemampuan fotografi profesional.
    Padahal, di era sekarang ini, kebutuhan akan komunikasi visual sangat penting. Hampir semua lembaga membutuhkan publikasi visual untuk keperluan mereka, seperti media massa yang membutuhkan foto berita, acara-acara besar yang membutuhkan foto dokumentasi, mall dan toko membutuhkan fotografer untuk mendokumentasikan produk mereka, dan pastinya semua pasangan calon suami-istri membutuhkan fotografer profesional untuk mengabadikan pernikahan mereka. Cukup banyak mahasiswa yang sudah menjadi fotografer lepas sejak kuliah. Sekali sesi foto di acara pernikahan atau hajatan, ia bisa dibayar ratusan ribu rupiah. Belum lagi kalau ada lowongan fotografer lepas di media massa. Setelah lulus, tinggal kamu pilih, mau tetap jadi fotografer lepas, kerja di perusahaan, atau malah bikin usaha jasa fotografi dan studio sendiri!
    Masih banyak lagi lowongan bagi fotografer, jadi, jangan ragu untuk mengembangkan minatmu ini ya!

    Kemampuan desain grafis

    Bisa desain? (nyfa.edu)
    Seiring dengan maraknya kebutuhan fotografi sebagai bentuk komunikasi visual, banyak juga permintaan untuk orang bisa desain grafis. Yap, dari mulai desain poster, spanduk, baliho, newsletter, majalah, bahkan website. Coba saja kamu lihat di kumpulan lowongan kerja bagi mahasiswa, tidak terhitung berapa banyak lowongan desain grafis yang tersedia. Maklum, jurusan desain sendiri belum terlalu banyak di kampus-kampus, tapi permintaan akan tenaga desain grafis meledak tidak karuan di era komunikatif ini. :)
    Kemampuan desain grafis sendiri sangat unik karena menggabungkan seni dan IT. Jika kamu berminat menjadi ahli desain grafis profesional, coba saja mendaftar di pelatihan Fasnetgama Training Center. Di sana ada les desain grafis, desain web, dan multimedia (yang tentunya tidak kamu pelajari di kuliah) dan pastinya sangat berharga untuk mencari pundi-pundi rezeki pekerjaan lepas saat kamu kuliah, atau pekerjaan tetap saat kamu sudah lulus.

    Kemampuan mengelola media sosial

    Bisa main medsos? (socialmediabeez.com)
    Jangan sinis dulu. Jangan cengar-cengir juga. Tapi memang faktanya, zaman sekarang manajemen media sosial telah menjadi profesi yang profesional. Tidak semua orang lihai bermedia sosial, karena memang tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus punya kemampuan berkata-kata secara efektif dan efisien, kamu harus bisa berkomunikasi dengan banyak orang selayaknya Humas, kamu juga harus bisa mendesain media sosialmu agar interaktif dengan kombinasi visual dan kata-kata yang menarik.
    Banyak sekali perusahaan yang punya tim media sosial sendiri. Mereka sering disebut Social Media Specialist. Bukan sekedar bisa bermedia sosial, mereka juga menguasai cara menggunakan iklan medsos berbayar seperti Facebook ads, Youtube ads, dan lain sebagainya. Tim medsos ini juga terdiri dari content writer yang bisa menulis pesan-pesan yang baik serta didukung oleh desain grafis.
    Lowongan admin media sosial bervariatif, dari mulai paruh waktu hingga purna waktu. Dari mulai facebook, twitter, LINE, hingga Instagram. Dari mulai yang berfungsi sebagai customer service seperti di online shop, hingga berkomunikasi dengan pembaca seperti di media massa atau lembaga sosial.
    Nah, bayangkan kalau kamu bisa menguasai media sosial, jago desain, dan jago nulis. Terjamin sudah masa depanmu di industri kreatif!

    Kemampuan IT

    Siap menguasai masa depan dengan penguasaan IT? (level-iv-consulting.com)
    Inilah kemampuan pamungkas untuk menjadi penguasa dunia kerja kontemporer. Maraknya penggunaan sarana digital dalam kehidupan sehari-sehari jelas tidak terbantahkan lagi. Kita melakukan segala hal di dunia digital. Kita belanja, jualan, bergaul, bersosialisasi, bermain, membaca berita, berkomunikasi, menghibur diri, semuanya di internet, di media sosial, di smartphone, di dunia digital, di dunia teknologi.
    Sama seperti menulis, menguasai IT kini wajib untuk kamu kuasai, dan bukan lagi perkara kamu bukan anak jurusan ilmu komputer atau sejenisnya. Coba bayangkan kalau kamu anak jurusan Filsafat, terus kamu bekerja di fakultasmu, dan kamu diminta mengurus website fakultasmu. Bisa gak tuh ngurus situs berbasis PHP? Bahkan sekalipun kamu pakai CMS WordPress, tetap saja kamu harus paham bagaimana cara kerja CMS ini. Bisa gak kamu beli domain dan hosting serta membuat pengaturannya di Cpanel? Tentunya Plato tidak pernah menulis tentang itu semua kan>
    Bayangkan kalau kamu anak Jurusan Politik Pemerintahan, kamu bekerja sebagai dosen! Kamu meremehkan keberadaan IT hanya karena kamu merasa cukuplah bekerja hanya dengan menguasai teori Foucault, Giddens, Gramsci, dan Habermas semata. Tahu-tahu dekanmu menunjukmu untuk membangun database arsip jurnal digital yang harus bisa diakses mahasiswa dan dosen. Nah! Mati kutu deh!
    Menguasai IT hari ini adalah keharusan. Minimal, kamu bisa menguasai apa yang paling sering dipakai. Misalnya, desain web, programming dasar, membangun jaringan, dan lain sebagainya. Semua itu bisa kamu pelajari di program pelatihan 1 semester Fasnetgama. Dengan kurikulum yang sudah didesain agar mengikuti perkembangan dunia IT yang dinamis, serta praktikum yang secara tepat mempraktekan apa yang telah kamu pelajari, di sinilah kamu bisa menguasai IT dan meraih masa depan!

    0 komentar

  • Copyright © - Nisekoi - All Right Reserved

    Tau CK Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan